Me Time, Mama Time


(Ilustrasi)

"Sayang, Sabtu ini aku mau me time ke salon, yaa…."

"Oke, Sayang. Nanti aku ajak anak-anak ke luar, deh."

***

Bicara tentang me time, saya pikir setiap perempuan yang sudah menjadi mama pasti mengalami perubahan besar dalam hidupnya, termasuk urusan prioritas. Setuju, enggak? 

Dulu waktu masih sendiri, secara umum, prioritas utama kita adalah diri sendiri, baik untuk memenuhi kebutuhan maupun kesenangan pribadi. Setelah menikah otomatis prioritas bergeser kepada keluarga, terlebih ada pasangan yang harus diperhatikan. Prioritas kembali berubah saat anak hadir. Sepasang orang tua baru tidak lagi bisa berbicara hanya untuk berdua. Malah lebih sering anak yang menempati prioritas pertama. Segalanya untuk anak. 

Bagi saya perubahan prioritas ini terasa terlalu cepat. Tiga bulan setelah menikah, saya mengandung anak pertama. Prioritas pun berubah dan semakin bergeser seiring dengan lahirnya anak kedua dan ketiga. Terlebih lagi mereka lahir di saat kami sedang merantau jauh dari keluarga yang bisa dititipi selama mama me time #eh

Maka kemudian seringnya prioritas diri untuk melakukan yang disukai terselip di antara timbunan baju kotor, jemuran baju kering yang belum dilipat (fyi, sudah berdekade lamanya saya tidak menyetrika), atau di tumpukan piring bekas makan. Sampai-sampai saya perlu berpikir lama untuk menemukan di sebelah mana dari waktu harian, mingguan, atau bulanan saya yang bisa dikatakan sebagai me time. Meski konteksnya adalah waktu luang, agaknya ilustrasi dari @by.puty di bawah juga bisa mewakili kondisi saya--dan banyak mama lain di luar sana-- yang prioritas waktu hariannya berubah. 

Ilustrasi oleh @byputy

Persoalan me time ini lantas membuat saya merenung. Mungkin sebenarnya saya yang perlu memaknai ulang me time ini. Me time bukan lagi waktu yang saya dedikasikan khusus untuk melakukan yang disenangi, sendiri tanpa anak-anak. Me time menjadi waktu saat kesadaran saya sedang penuh. Saat itu saya bisa berdialog dengan diri, menambah ilmu, juga melihat sekeliling dan mendapatkan hikmah, meski anak-anak tetap terlihat selemparan batu. 

Kapankah itu? Dalam sehari, me time saya adalah saat mencuci piring dan perabot masak serta memasak. Sembari bekerja, saya bisa mendengarkan video kajian, webinar, kelas, siniar, atau murottal Al-Qur'an. Bila anak-anak bermain, saya bisa mendapatkan me time setidaknya setengah jam. Namun, sering juga mereka menyela karena butuh sesuatu. Itu bukan masalah untuk saya. 

Dalam seminggu, me time saya adalah pergi ke pasar pekanan setiap hari Jumat. Di sana saya bisa memilih buah, sayur, ikan, dan kegemaran saya yang terbaru: bunga potong. Biasanya anak-anak senang bila diajak berbelanja di pasar. Mereka bisa membawakan tas belanja sambil mengamati suasana sekitar. Berbelanja ke supermarket juga menjadi me time saya. Saya sering menemukan produk-produk unik saat memiliki waktu lebih untuk melihat-lihat, walau konsekuensinya saya jadi berbelanja di luar daftar, haha …. 

Sebenarnya ada satu lagi me time saya. Yang ini dua mingguan: pengajian ibu-ibu Delft. Pengajian rutin ini ditujukan untuk muslimah yang tinggal di Delft dan sekitarnya. Lokasinya berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lain. Selain tilawah Al-Qur'an dan tahsin, kami juga berbagi tugas untuk menceritakan sirah nabi Muhammad saw. dan merenungi ayat atau hadis tertentu (tadabur). Sayangnya pandemi membuat kami tidak bisa bertatap muka dan melingkar luring. Walaupun pertemuan tetap diadakan secara daring, tidak ada yang bisa menggantikan pahala dari setiap langkah menuju majelis dan indahnya menatap wajah saudara seiman secara langsung. 

Dulu seringkali suami saya bersedia menjaga anak-anak selama saya pergi mengaji. Jika cuaca bagus, mereka juga ikut pergi jalan-jalan bersepeda atau sekadar ke taman. Kalau sudah begini, saya sejenak merasa seperti gadis kembali, haha …. 

Bagaimana dengan kamu? Bagikan cerita me time-mu setelah menjadi mama di bawah, ya!



Post a Comment

2 Comments

  1. Sama teteh....pergi ke pasar juga termasuk me time buat saya, nyuci piring dan beres-beres rumah (tanpa rengekan anak) juga me time buat saya, semuanya syukaaa....kecuali masak....waalu tiap hari tapi selalu bikin saya gampang stres kalo memasak...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, Teteh lebih juara! Untuk urusan pekerjaan rumah, justru yang menjadi me time adalah kesempatan untuk dengerin sesuatu, biasanya pakai bluetooth earphone 😁, bukan pekerjaannya itu sendiri.

      Delete