Catatan Shiper: Misi 5. My Health Plan

Ada yang berbeda di pekan kelima ini. Alih-alih mendapatkan materi baru, shipers diminta untuk membuat rencana kesehatan (health plan) berdasarkan materi-materi pekan sebelumnya.

Agar lebih mudah untuk berdiskusi, para shipers di kabin Healthy Life dibagi menjadi tiga kelompok. Tiap-tiap kelompok didampingi oleh satu Ayunda. Saya kebagian di kelompok satu bersama Coach Maryam.


Health plan ini terdiri dari beberapa poin. Pertama, shipers diminta untuk menuliskan impian terkait kesehatan, baik fisik, mental, maupun spiritual. Berangkat dari situ, shipers harus membuat tiga tahap target: jangka panjang (1–5 tahun), menengah (6 bulan–1 tahun), dan pendek (3–6 bulan). Tidak hanya itu, tiap-tiap tahap harus disertai dengan rencana aksi yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time bound).

Di dalam kelompok, shipers dapat mengonsultasikan rencananya kepada Ayunda. Rencana tersebut kemudian dituangkan ke dalam template yang disepakati bersama. Template kelompok satu dibuat vertikal. Bagian atas berisi impian, bagian tengah adalah target untuk tiap tahap, lalu ada rencana aksi di bagian bawah. 

Setelah berpikir keras (#lebay) saya membuat health plan seperti di bawah ini.


Sejujurnya saya merasa kesulitan saat menyusunnya, lebih karena saya khawatir itu terlalu sederhana atau kurang cocok untuk tahapan (jangka panjang/menengah/pendek). Namun, mengingat prinsip SMART, target dan rencana aksi ini masih mungkin saya capai (achievable). Daripada ketinggian, ya kan? Setidaknya saya masih merasa pede lah untuk menjalaninya. 

Bismillah, semoga health plan ini menjadi ikhtiar untuk hidup lebih baik supaya bisa menua dengan sehat dan bahagia. Aging gracefully cenah. Aamiin


Doakan saya, ya!

Post a Comment

0 Comments